Rangkuman Pertemuan II Analisis dan Perancangan SISFO   Leave a comment

Pengertian Sistem

Istilah system merupakan istilah dari bahasa yunani “system” yang artinya adalah himpunan bagian atau unsure  yang  saling berhubungan secara teratur untuk mencapaI tujuan bersama.

MenurutCharles S. Wasson “Sekumpulan dari elemen-elemen interoperabilitas yang terintegrasi, setiap elemen memiliki kemampuan khusus, bekerja secara sinergi untuk melakukan pemrosesan bernilai tambah yang memungkinkan dapat memberikan kepuasan pemakai akan pemenuhan kebutuhan operasional yang telah ditentukan oleh lingkungan operasi dengan hasil yang spesifik dan kemungkinan untuk berhasil”

Integrasi: tersusundari level hirarki secara fisik elemen-elemen

Interoperabilitas : kemampuan saling bekerjasama antar elemen

Kemampuankhusus : kinerja secara fungsi dan operasional

Bekerjasecarasinergi : kemampuan elemen secara individu u/ menyelesaikan tugas khusus yg memberikan pengaruh kepada sistem

Awal berjalannya suatu system berawal dari input(stimulus) ke Entitas system atau melakukan proses kemudian ke Output response (ProdukdanLayanan).contoh di bawah :

INPUT(s)-Stimulus ke ENTITAS SISTEMproses ke   OUTPUTproduk/layanan

(KONSTRUKSI DASAR ENTITAS)

Transformasi yang dilakukan disebut capability dan batasan operasinya meliputi fungsionalitas dan kinerja system.

(Analytical System Entity Construct) :

Entitas  system(Level Abstraksi) yang  menghubungkan stakeholders, peranan(misi&tujuan), sumberdaya,pengendalian,input&output dapat diterima,input& out put ditolak, kesempatan, ancaman,batasan secarafisik. Contoh gambar:

Sistem Informasi adalah sekumpulan komponen dari informasi yang saling terintegrasi untuk mencapai tujuan yang spesifik.Komponen yang dimaksud adalah komponen input, model, output, teknologi, basis data (data base), control atau komponen pengendali.Dan pengertian lain Sistem informasi adalah sistem yang saling berhubungan dan terintegrasi satu dengan yang lain dan bekerja sesuai dengan fungsinya untuk mengatur masalah yang ada.

Tipe-tipeSistemInformasi:Ada empat tipe dari system informasi melayani tingkatan organisasi yang berbeda, berturut–turut dari tingkat yang paling rendah

  1. Level Operasional:mendukung manajeroperasional dengan menyimpan berbagaiaktivitas elementer dan transaksi dari organisasi. Misal: penjualan, aliran material dalam perusahaan, penggajian dll. Kegunaan utama dari sistem di level ini adalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan rutindan melacak aliran transaksi dalam organisasi.
  2. Level Pengatahuan membantu mengintegrasikan pengetahuan baru ke dalam bisnis dan untuk membantu organisasi untuk mengendalikan pekerjaana dministrasi. Sistem pada level ini, khususnya dalam bentuk dari workstations dan system perkantoran
  3. Level Manajemen :Level ini bias anya menyediakan laporan secara periodic tentang data tertentu.
  4. Level Strategis : membantu perencanaan jangk apanjang oleh paramanajer senior. Perhatianutamanya terletak pada mengantisipasi perubahan pada lingkungan luar ke dalam organisasi.

RekayasaSistem(System Engineering)adalah kumpulan konsep, pendekatan dan metodologi, sertaalat-alat bantu (tools) untuk merancang dan menginstalasi sebuah kompleks  sistem.Dokumentasi, formulir, manual.

Pressman menyebut sistem yang didalamnya terdapat perangkat lunak sebagai system berbasis computer .Pada system berbasis computer terdapat komponen – komponen sebagai berikut :

  1. Perangkat Lunak (program , dok,struktur data)
  2. Perangkat Keras, perangkat elektronik
  3. Manusia, pemakai akhir
  4. Basis Data, kumpulan data teroganisir
  5. Dokumentasi, formulir, manual
  6. Prosedur, cara melakukan kerja

Rekayasa Informasi(Information Engineering)

adalahpenerapanpengetahuankeilmuansecarapraktisdalam

perancangandanpengembangansistem.Bertujuanuntukmemungkinkan suatu organisasi menentukan arsitektur sehingga penggunaan informasi dapat dilakukan secaraefektif.

Jenis-JenisArsitektur

  • Arsitektur Data (kerangka kerja kebutuhan informasi)
  • Arsitektur Aplikasi (sistem program)
  • Infrastruktur Teknologi (dasar bagi Ars. Data dan Ars. Apl)

Hirarki Rekayasa Informasi, tahapannya:

  1. Perencanaan strategi informasi (Enterprise)
  2. Analis area bisnis
  3. Rekayasa perangkat lunak

Posted Oktober 28, 2010 by abdijeinlaknat brotherbad in Bebas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s