Lima “5” Manfaat Berpelukan   Leave a comment

Pelukan bukan hanya sebagai bentuk kasih sayang. Banyak manfaat positif yang didapat, ketika kita memeluk orang-orang yang dikasihi. Baik itu kekasih, teman maupun keluarga.

Dikutip dari eHow, pelukan adalah bagian terpenting untuk membina kedekatan antara pasangan kekasih, orangtua maupun anak. Berdekatan dan memeluknya, tidak hanya menunjukkan kedekatan emosional tapi juga meningkatkan kesehatan. Ini dia lima keuntungan yang akan Anda dapat dengan berpelukan

1. Tunjukkan Kasih Sayang
Memeluk adalah cara terbaik untuk menunjukkan kasih sayang kepada orang yang kita cintai. Pelukan juga mengisyaratkan bahwa Anda perhatian dan tidak mau kehilangan si dia. Kedekatan fisik yang terjadi antara Anda dan sang kekasih, bisa membantu menguatkan keterikatan emosional serta meningkatkan rasa aman dan nyaman pada orang yang dicintai. Lingkarkanlah kedua tangan Anda ke tubuhnya, dan pegang si dia dengan erat untuk tunjukkan rasa sayang.

2. Memberi Kenyamanan
Pelukan juga bisa memberikan rasa nyaman. Dalam kondisi seseorang sedang sedih, takut, kesal atau kecewa, memeluknya bisa memberi rasa nyaman dan aman. Si dia juga akan tenang dan merasa ada seseorang yang akan membantunya bangkit dari keterpurukan. Pelukan dengan pijatan kecil di lengan, bahu atau punggung mengisyaratkan Anda peduli dan seolah mengatakan, ‘tegarlah, semuanya akan baik-baik saja’.

3. Berbagi Kehangatan
Membuat tubuh orang merasa hangat adalah salah satu keuntungan dari berpelukan, khususnya saat berada di cuaca dingin. Dalam situasi kritis, misalnya terjebak dalam badai salju atau tersesat di hutan kala hujan, meninggikan suhu tubuh dengan berpelukan bisa menyelamatkan Anda dan orang lain dari kematian. Pelukan juga membuat orang yang sedang terkena demam atau menggigil merasa lebih nyaman karena merasakan kehangatan tubuh Anda.

4. Berpelukan Itu Sehat
Sebuah penelitian dari Brigham Young University di Salt Lake City menemukan, berpelukan bisa bantu menurunkan tekanan darah tinggi pada pasangan suami-istri atau kekasih. Memeluk bisa memicu produksi hormon positif, yang juga membawa efek baik bagi kesehatan tubuh. Pelukan yang disertai pijatan juga membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang befungsi melawan infeksi.

5. Penghilang Stres
Berdasarkan hasil penelitian yang dikeluarkan oleh jurnal Psychosomatic Medicine, pelukan hangat dapat melepaskan oxytocin, hormon yang berhubungan dengan perasaan cinta dan kedamaian. Hormon tersebut akan menekan hormon penyebab stres yang mendekam di tubuh.

Penelitian lain yang dilakukan University of Miami’s Touch Research Institute juga menunjukkan, pelukan punya manfaat medis yang mengurangi rasa sakit pada kepala. Selain itu juga mengurangi stres orang yang mengalami gugup dan panik saat akan berbicara di depan umum.

Posted Februari 3, 2012 by abdijeinlaknat brotherbad in Life Style

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s