Tips Merawat Baterai Netbook   Leave a comment

Jangan pernah memakai charger sembarangan.

Jika suatu saat charger laptop kita rusak, jangan sekali2 memakai charger yang tidak kompatibel dengan netbook kita. Minimal kita jangan memakai charger dari laptop yang berbeda merk, sekalipun keadaannya sangat darurat. Karena setiap charger dan baterai memiliki karakter arus dan voltase sendiri2. Memakai charger yang tidak kompatibel bisa membuat baterai laptop anda cepat rusak bahkan bisa panas dan meledak.

Jangan memangku netbook

Memakai netbook dengan cara dipangku dapat menyumbat lubang ventilasi kipas netbook  sehingga netbook dan baterainya menjadi cepat panas. Hal itu diperparah lagi dengan suhu tubuh kita yang juga hangat. Panas yang berlebihan menyebabkan sel2 baterai netbook kita menjadi cepat rusak.

Selalu cek kebersihan baterai.

Bersihkan selalu debu2 di kontak baterai atau metal2 yang ada, Jangan sampai ada klip kertas atau logam2 lain yang bisa menghubungkan kontak2 tersebut. Jika hal itu terjadi bisa2 netbook dan baterai kita mengalami hubungan pendek. Bahkan debu yang kecil sekalipun berpotensi membuat konektor metal baterai terkorosi dan berkarat.

Jangan memakai netbook diatas karpet, sofa, kasur  atau tempat yang lunak  lainnya.

Jika ingin memakai netbook di tempat tersebut diatas, pergunakanlah alas yang keras atau gunakan fan cold  yang lagi ngetrend dewasa ini. Karena jika tidak..maka laptop akan mengalami overheating karena ada penyumbatan lubang ventilasi oleh karpet tsb.

Hindari goncangan, tekanan atau benturan keras pada baterai atau laptop.

Karena selain baterai yang rusak bisa bisa netbook anda juga rusak bila kena beturan keras, terutama yang palin rawan adalah lcd dan hard disk.

Jangan menaruh Netbook  di tempat yang panas, seperti di bawah terik matahari dsb.

Selain laptop panas, tentu anda merasa tidak nyaman bila bermain netbook di terik matahari atau diruang yang panas.hal ini bisa menyebabkan netbook, laptop anda overheating akhirnya cepat heng

Jangan memakai Netbook di tempat yang terlalu lembab atau basah.

Hal yang ditakutkan adalah adanya air yang dapat merusak sirkuit2 baterai dan laptop kita. selalu jaga laptop kita dari air maupun panas yang berlebihan.

Jangan terlalu lama mengisi baterai.

Pastikan anda melepas charger anda jika baterai sudah penuh. Jangan terlalu lama mengisi baterai jika sudah penuh, apalagi sampai ditinggal tidur, hal itu dapat mempercepat umur sel2 yang ada di dalam baterai notebook anda.

Bacalah manual book secara teliti.

Beberapa merk laptop memiliki aturan khusus berkenaan dengan produk mereka. Bacalah manual book laptop anda dan pastikan kita menjadikannya sebagai pedoman pemakaian.

Itulah tips merawat baterai netbook agar tetap awet dan tahan lama. atas kunjungannya kami sampaikan terima kasih.

Posted Mei 24, 2012 by abdijeinlaknat brotherbad in Life Style

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s