Makanan Sahabat Jantung   Leave a comment

Nih gan makanan-makanan yang sehat buat jantung. Lindungi terus yah jantungmu itu biar tidak cepat death. haha… cekidottt.

1.Asparagus
Asparagus kaya akan saponin, fitokimia yang dapat mengikat asam empedu dan kolesterol,dan berperan mencuci senyawa lemak di dalam tubuh. Asparagus juga mengandung zat antiradang seperti folat dan vitamin C dan D

2.Ubi
Semakin tajam warnanya semakin baik nutrisinya.”ubi termasuk sayuran yang baik karena mengandung karotin-antioksidan potensial,” ungkap Bowden. Saat masih tumbuh di alam, kandunganya itu membuatnya kebal terhadap sinar matahari. Setelah kita konsumsi, senyawa-senyawa tadi bekerja melindungi jantung kita dari radikal bebas.

3.Jeruk
Para peneliti di Hebrew University, Yerusalem,pada tahun 2006 melaporkan bahwa flavanon dalan jeruk mampu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL. Karena itu, orang-orang dengan kolesterol tinggi disarankan untuk mengkonsumsi jeruk,anggur,dan lemon.

4.Cokelat hitam
Sebuah penelitian dari Scranton University,Pennsylvania,menunjukkan,memakan sekitar 6 ons cokelat hitam (yang kandungan kokoannya lebih dari 75%) setiap hari dapat menghambat atherosklerosis(penyumbatan pembuluh darah), menurunkan kadar kolesterol baik dan melindunginya dari oksidasi.

5.Teh hijau
Teh hijau memiliki lebih sedikit kafein daripada teh hitam atauoolong. Hal ini membuat teh hijau cocok dikonsumsi sesudah makan. Meskipun demikian, teh hitam atau oolong tetap punya manfaat. Diantaranya mengandung vitamin A,C,E,tanin,dan flavonoid yang berperan membantu meluruhkan atau membuang karsinogen dan memerangi sel kanker.

6.Ikan hering
Walaupun sering dianggap tidak sehebat salmon, ikan hering sebenarnya mempunyai kadar asam lemak omega-3 paling tinggi. Omega-3 terbukti efektif mengurangi trigliserida dan penyumbatan pembuluh darah. Dengan mengkonsumsi 3 ons ikan hering segar, kita memperoleh sekitar 2 gram asupan omega-3.

7.pepaya
buah tropis berwarna cerah ini merupakan sumber enzim pencernaan dan potasium yang berperan menjaga kekuatan otot jantung. Kandungan potassium dalam pepaya juga lebih tinggi dibandingkan pisang. Pepaya ukuran sedang memiliki 781 mg potasium sementara pisang dengan ukuran 371 mg potasium.

8.Kenari
Seperti disebutkan diatas, segenggam kenari setiap hari dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah yang berujung pada penyakit jantung.

9.Plum & Kismis Kering
United States Department of Agriculture(USDA) menyebutkan bahwa plum kering mengandung antioksidan dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan blueberry. Plum kering juga kaya serta yang bermanfaat bagi jantung. Setengah cangkir plum kurang lebih dapat memenuhi 25 persen kebutuhan serat harian.

10.Oatmeal
Serat larut dalam oatmeal mengikat kolesterol jahat dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Gandum juga terkenal sebagai sumber protein,kalsium,zat besi,magnesium, dan zat mineral lainnya serta vitamin E. Ada baiknya mencampurkan oatmeal ke dalam resep-resep makanan berbahan terigu, agar kandungan seratnya menjadi lebih banyak.

sumber: http://iniunic.blogspot.com/2012/11/10-makanan-sahabat-jantung.html

Posted Februari 1, 2013 by abdijeinlaknat brotherbad in Artikel, Life Style

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s